Selasa, 23 Februari 2010

Wirausaha

Kewirausahaan seringkali dianggap sebagai alternative pekerjaan yang dipilih oleh orang-orang yang putus asa karena tidak dapat bekerja dikantoran seperti orang-orang berdasi pada umumnya.
Sebuah pemikiran yang KELIRU. . .

Kewirausahaan merupakan suatu usaha yang diciptakan oleh orang-orang yang kreatif dalam memanfaatkan peluang yang ada dan inovatif dalam pengembangannya. Seorang yang memutuskan untuk berwirausaha bukanlah orang yang putus asa. Justru orang yang berwirausaha merupakan seorang yang berpeluang untuk mengembangkan potensi dirinya (skill) dan potensi lingkungannya (masyarakat & alam). Yang berarti selain usaha untuk mencari penghasilan, kita juga dapat menciptakan lapangan kerja, dengan penggunaan SDM-SDA yang ada disekitar kita. Dengan kata lain bidang kewirausahaan ini juga mampu meminimalisir tingkat pengangguran yang dari tahun ke tahun terus meningkat. Secara tidak sadar kita sudah membantu Pembangunan Nasional hanya dengan berwirausaha.
Kewirausahaan dapat diciptakan dengan motivasi yang tinggi, sehingga siap untuk menerima berbagai resiko yang akan dihadapi, kerja keras dan modal untuk memulai suatu usaha. Jadi sebenarnya mudah sekali untuk berwirausaha, asalkan dimulai dari umur sekarang jangan terus menunggu sampai adanya keinginan, jujur dan pandai menggunakan peluang pasar.
Seperti statemen Ciputra dalam rubrik Koran Tempo beberapa hari lalu, kewiraushaan itu haruslah dimulai dari umur anak sekolahan untuk menciptakan wirausaha-wirausaha yang handal, bernyali dan mempunyai prinsip yang matang dalam perdagangan ekonomi Indonesia maupun global. Maksudnya, jiwa-jiwa wirausaha mestinya harus terus dipupuk kepada penerus bangsa agar dapat mendudukkan ekonomi sebagai pondasi pertumbuhan negara Indonesia yang masih berkembang menuju negara maju.

0 komentar:

Posting Komentar